Loading...

Mari Berkenalan dengan Beaglebone Black

Luar biasa, itu adalah hal yang saya rasakan ketika berkenalan dengan sebuah open source hardware single-board computer. Mari sama-sama kita belajar bersama mengenai Beagleboard. Disini yang akan saya bahas adalah Beaglebone Black. Beaglebone Black adalah salah satu single-board computer dan sekaligus open source hardware, Beaglebone Black ini telah mempunyai bawaan OS berbasis linux Angstrom ARM. 

Dibekali dengan kemampuan memory 512 mb DDR3, ethernet on board memungkinkan Beaglebone Black dapat terkoneksi dengan internet menggunakan kabel LAN tanpa harus menambah modul-modul ethernet lagi. Yang paling luar biasa bahwa Beaglebone Black ini mempunyai banyak sekali pin multiguna disebelah kiri dan kanan boardnya. Berikut penampakan Beaglebone Black Rev A5A : 



Perlu kita ketahui bersama bahwa Beaglebone Black sekarang sudah mencapai Produksi Rev B semenjak Awal tahun 2014 ini. Perubahan pada Rev B ialah pada processor AM3358BZCZ100 menggantikan processor lama AM3359AZCZ100 yang mana telah sulit untuk didapatkan karena processor AM3359AZCZ100 produksinya terbatas.

Apa yang bisa Beaglebone Black lakukan?
Sebuah pertanyaan mendasar namun sangat luar biasa. Beaglebone Black (BBB) merupakan produk open source-hardware dengan dukungan linux Angstrom ARM, ditambah dengan banyaknya pin header ,pin digital, analog, pwm dan lain-lain akan sangat powerfull . Selain menggunakan OS bawaan, kita juga bisa menggunakan OS Linux Beagleboard ubuntu Saucy 13.10 revisi terakhir tanggal 2 Februari 2014. Otomatis apabila kita menginstall Beagleboard ubuntu maka akan ada dual boot pada beaglebone kita, yaitu Angstrom ARM dan Beagleubuntu. Wow!

Berikut penampakan lebih lanjut komponen Beaglebone Black dari tampak luar :





Bagaimana kita bisa memprogram Beaglebone?
Karena didukung dengan OS open source, maka akan ada banyak pilihan pemrograman. Pengalaman selama ini, python, php, bahasa c adalah salah satu pilihan hebat untuk melakukan pemrograman di linux beaglebone.

Untuk lebih lanjut mengenai spesifikasi Beaglebone Black lengkap mari kita lihat tabel spesifikasi dibawah ini : 

Sekian dulu perkenalan singkat dari Beaglebone Black Indonesia, selanjutnya mari kita diskusikan dan belajar bersama disini. Salam kenal semuanya.


Lokasi: Jakarta, Indonesia
Beaglebone Black 8892204190806418788

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Support ads

Popular Posts

Random Posts

Support ads