Loading...

Pin Out Header Pada Beaglebone Black

Kita dapat berinteraksi dengan Beaglebone Black untuk memanfaatkan pin Digital Input Output (GPIO), pin PWM, pin Analog Input, UART serial, pin SPI bahkan I2C. Apabila Beaglebone Black tampak dari atas maka kita dapat melihat pin header disebelah kiri disebut pin P9 dan pin P8 disebelah kanan. Berikut penampakan pin dari atas : 


Pin P9 dan pin P8 pada Beaglebone Black


Terdapat 46 x 2 pinout Beaglebone Black, pinout tersebut mempunyai 8 mode sekaligus yang dapat kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut lampiran tabel spesifikasi pin P9 Beaglebone Black :

Tabel Pin Out P9 Beaglebone Black

Tabel Pin Out P8 Beaglebone Black

Apabila diperlukan maka ada 65 pin Digital (GPIO) Beaglebone Black yang dapat kita pergunakan, berikut pin GPIO tersebut :
65 Pin Digital Beaglebone Black

Pin PWM dan pin Timers
Terdapat 8 pin PWM Beaglebone Black dan 4 pin Timers. Kita dapat memanfaatkan pin PWM (Pulse-width Modulator) Beaglebone Black yang bisa kita gunakan untuk mengontrol tegangan analog yang keluar. Berikut penampakan pin PWM dan pin Timers Beaglebone Black.

8 pin PWM dan 4 pin Timers Beaglebone Black

Pin Analog Input Pada Beaglebone Black
Apabila kita memiliki sensor Analog yang akan kita hubungkan ke Beaglebone Black, maka akan ada 7 pin Analog pin yang dapat kita manfaatkan untuk mengambil data melalui program python , bahasa c, php ataupun bahasa apapun yang kita sukai, perlu diketahui bahwa Beaglebone Black mempunyai 12 bit ADC dan jangan pernah memasukkan tegangan lebih dari 1800 mV (1,8 V) pada Analog pin, karena apabila terjadi maka akan merusak chip processor ARM yang tertanam pada Beaglebone Black . Berikut penampakan dari Pin Analog Input Beaglebone Black :


Pin Serial UARTs 
Sebagai pengguna, saya belum pernah menggunakan pin ini, namun dari gambar dibawah ini kita dapat memanfaatkan pin UART untuk melakukan komunikasi secara serial Asyncrnous.
pin uarts pada Beaglebone Black

Pin SPI (Serial Peripheral Interface) Beaglebone Black
Biasanya pin SPI biasa diaktifkan dan diprogram pada bahasa C, namun untuk mengakses pin SPI kita harus menonaktifkan HDMI Interface, berikut penampakan pin SPI pada Beaglebone Black.

Pin I2C Pada Beaglebone Black
Penggunaan I2C Beaglebone Black masih sedikit digunakan, namun dapat diakses pada pin header P9 Beaglebone Black. Berikut penampakan I2C Beaglebone Black : 

pin I2C Beaglebone Black

Sekian penjelasan singkat mengenai pin header pada Beaglebone Black, untuk pertanyaan mari kita diskusikan bersama pada blog ini unutk Beaglebone Black Indonesia. Saya sangat mendukung apabila ada banyak orang yang ingin berpartisipasi mengembangkan Hardware berbasis Open Source, hal yang akan didapatkan disini akan luar biasa sekali dalam belajar hardware dan open source linux secara bersamaan.




Beaglebone Black 7621307120360161132

Posting Komentar

  1. sore om, kebetulan ane sekarang lagi ngoprek beagleboard green. Nah boleh minta penjelasan tentang beagleboard green. kalo ada kirim ya bang ke ilhamtajudin1553@gmail.com

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Support ads

Popular Posts

Random Posts

Support ads